7 Cara Daftar Google AdSense Agar Diterima
Dipost oleh:
Unknown
Dirilis:
Sunday, December 11, 2016 | Category:
Tips Penghasilan Iklan
SEE ALL EPISODES

Tak mudah memang untuk bisa diterima menjadi publisher di Google AdSense, atau bahasa ilmiahnya untuk mendapatkan akun Full Approve. Sejak Google tidak menginjinkan akun baru AdSense for Youtube dipasang di Blog, maka hal tersebut mau tak mau 'memaksa' para publisher untuk mencari akun Google AdSense yang Full Approve, meskipun untuk sekedar dipasang di Blogger.
Sebagai informasi saja, bahwa akun AdSense for Youtube yang dibuat pada tahun 2013 atau sebelum tahun 2014, masih diijinkan oleh Google untuk dipasang di Blogger, namun untuk domain TLD tetap harus Full Approved, sayangnya kebijakan tersebut di 2014 ini sudah berubah, dimana akun AdSense for Youtube yang baru diterima (approved) tidak bisa digunakan atau dipasang lagi di Blogger, jadi khusus untuk Youtube saja.
Melihat tertutup satu pintu untuk mendapatkan akun Google AdSense tentu akan membuka pintu-pintu lain, nah di Artikel ini lah saya ingin berbagi tips dan trik bagaimana agar bisa diterima sepenuhnya (full approved) saat akan mendaftar Google AdSense. Tak tanggung-tanggung ada 7 Cara Daftar Google AdSense yang akan saya bagikan.
GUNAKAN TOP LEVEL DOMAIN

Sudah menjadi rahasia umum jika google sangat menyukai Blog yang telah dicustom domain. Jadi disini Anda harus rela merogoh kocek sebesar 80 - 100 ribu per tahun, untuk membeli Top Level Domain (TLD). Tidak perlu khawatir, semua itu akan terbayar saat nanti Anda menerima pesan dari Google yang memberitahukan bahwa Anda sudah 100% diterima untuk menjadi Publisher AdSense.
Selain itu Blog TLD 'katanya' juga akan lebih mudah bersaing di SERP, dengan begitu traffic pun akan naik. Informasi tambahan Google juga menyukai Blog yang mempunyai traffic atau jumlah pengunjung yang tinggi. Jadi membeli TLD ini akan ada banyak manfaat yang akan Anda dapat, diantaranya :
- Blog terlihat lebih profesional
- Konon katanya akan lebih mudah bersaing di google
- Meningkatkan jumlah kunjungan balik ke blog, karena domain mudah diingat
Dan semua itu, sangat disukai Google, jadi jangan heran, jika Blog TLD akan mndapat perlakuan khusus dibanding Blog yang masih menggunakan SubDomain.
PERHATIKAN KADAR ARTIKEL

Artikel menjadi faktor penting kedua, diterima atau tidaknya blog Anda di AdSense. Maka sangat penting untuk Anda memperhatikan kadar atau kualitas dari artikel, sebagai gambaran saja, artikel yang berkualitas adalah Artikel yang memenuhi 3 Syarat Penting yaitu :
- Teks
- Gambar (pendukung)
- Video (jika dibutuhkan)
Dan yang tak kalah penting adalah harus unik dan bermanfaat, jadi Anda tidak hanya harus membuat artikel yang beda dari yang lain, namun juga harus memberikan manfaat tertentu kepada pengunjung. Artikel yang berkualitas + Niche yang masuk HPK maka akan menghasilkan CPC atau pendapatan yang besar juga. Untuk mengetahui niche apa saja yang terbaik untuk AdSense silahkan Anda baca disini 7 Niche Blog Terbaik Untuk Google AdSense.
PERINGKAT ALEXA RANK

Sejujurnya
Google tidak menuntut sebuah blog harus memiliki Alexa Rank tertentu,
misalnya harus dibawah 1 juta. Sekali lagi Alexa Rank bukan patokan
Google, namun ini bisa Anda jadikan sebagai sebuah indikator sebuah blog
yang akan Anda daftarkan Google AdSense.
Namun,
tidak menutup kemungkinan blog dengan Alexa Rank yang masih Besar
(diatas 1 juta) juga bisa diterima. Karena masih banyak poin-poin yang
dilihat atau dipertimbangkan Google sebelum menerima suatu Blog apakah
sudah layak menjadi Publisher AdSense atau belum. Untuk itu silahkan
lanjut baca poin selanjutnya.
PEMILIHAN BAHASA

Mungkin
ini sudah banyak diketahui, bahwa sejatinya Google sangat menyukai Blog
dengan content atau isi artikel yang ditulis menggunakan Bahasa
Internasional seperti Bahasa Inggris ketimbang bahasa lokal (indonesia).
Ada beberapa alasan mengapa Google memprioritaskan Blog Inggris
ketimbang blog lokal.
- Jumlah Pengiklan
- Jangkauan Pengunjung
Kedua
alasan itulah yang mendasari Google untuk lebih mengutamakan Blog yang
dibuat dalam Bahasa Inggris. Seperti yang kita semua ketahui Google
menggunakan sistem yang sangat canggih dimana mereka bisa mendeteksi
niche dari sebuah artikel, jadi iklan yang akan tampil pun juga akan
disesuaikan oleh Niche Artikel pada Blog. Untuk itulah saat Anda
menggunakan artikel bahasa inggris, misal niche 'Health' maka akan ada
banyak sekali pengiklan. Sebaliknya jika kita memilih niche 'Kesehatan'
maka akan lebih sedikit jumlah pengiklannya. Inilah yang membuat Google
berfikir dua kali sebelum menerima Blog Lokal.
NAVIGASI YANG BAIK

Sebuah
Blog wajib hukumnya memiliki Navigasi yang baik, artinya semua halaman
harus bisa dicapai dengan mudah saat kita berada di Homepage. Saya beri
contoh misal Anda membuat halaman About dan juga Contact, nah kedua
halaman ini harus bisa diakses dengan mudah oleh pengunjung, dan jangan
sampai Anda tidak memberikan link sama sekali utnuk menuju ke halaman
tersebut.
Idealnya suatu Blog harus mempunyai 4 Halaman Statis, yang meliputi :
- About
- Contact
- Disclaimer
- Privacy
Untuk
pembuatan halaman About dan Contact tentu Anda tidak akan mengalami
masalah bukan, namun mungkin ada kendala saat ingin membuat halaman
Disclaimer dan Privacy. Solusinya adalah dengan memanfaatkan Disclaimer
dan Privacy Policy Online.
Untuk Disclaimer Anda bisa mencoba http://www.privacypolicyonline.com/disclaimer-generator/
Dan, untuk Privacy silahkan buat disini http://www.generateprivacypolicy.com/
KUALITAS BACKLINK

Selain
faktor dari dalam blog, seperti yang sudah saya sebutkan diatas, ada
juga faktor luar yang mempengaruhi mudah atau susahnya suatu blog bisa
diterima Google AdSense. Yap, dia adalah Backlink atau lebih tepatnya
kualitas dari sebuah Backlink. Jangan sampai Anda memberikan sebuah
Backlink yang berasal dari situs yang melanggar TOS Google
https://support.google.com/adsense/answer/48182.
Biarkan
Backlink tersebut tercipta secara alami, karena setau saya Google lebih
suka dengan Blog dengan Backlink sedikit namun berkualitas ketimbang
sebaliknya. Istilahnya lebih baik mementingkan kualitas ketimbang
kuantitas.
Backlink berkualitas sendiri memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
Contextual Link : Link yang berasal dari dalam artikel, jadi bukan di Footer atau Sidebar.
Relevance Link : Link yang memiliki keterkaitan niche.
Position Link : Link
yang diletakkan ditengah artikel lebih baik ketimbang di akhir, dan
link yang diletakkan diawal sedikit lebih baik ketimbang backlink yang
berasal di tengah artikel.
Selain ketiga hal tersebut tentu masih banyak hal lain yang perlu diperhatikan seperti besarnya DA/PA.
GUNAKAN NAMA EMAIL PRIBADI

Setelah
persiapan Blog sudah matang, kini saatnya Anda melamar mengajukan
permintaan untuk menjadi partner Google AdSense. Namun pastikan email
yang Anda gunakan untuk mendaftar Google AdSense adalah email personal
atau pribadi. Jangan sampai Anda menggunakan email yang berbau promosi,
seperi misalnya :
=> juraganseo@gmail.com
=> pakarseoindonesia@gmail.com
=> gurubesarperguruanseo@gmail.com
Sebisa mungkin jangan seperti itu, usahakan menggunakan nama Anda sendiri untuk dijadikan alamat email.
Cara
Daftar Google AdSense yang saya jelaskan diatas tidak ada jaminan akan
membuat Anda diterima, namun paling tidak jika ketujuh cara diatas Anda
terapkan, maka peluang agar diterima Google AdSense akan jauh lebih
besar.
Namun tak bisa dipungkiri,
ada satu faktor lain yang menurut saya unik, yaitu faktor
Keberuntungan, jadi meskipun Anda sudah menerapkan berbagai macam cara
daftar google adsense namun masih belum diterima. Sementara di lain
tempat ada orang yang memiliki blog apa adanya namun bisa diterima
dengan mudah. Intinya teruslah mencoba, lakukan perbaikan dan yang
terpenting jangan mudah menyerah.

